Anggota Kelompok :
1.
Arsika Nur Isnaini (11005074)
2.
Yulida Rosdiana Rarasati (11005105)
3.
Eliana Rahmawati (11005108)
Hasil
kerja kelompok :
1.
Mekanisme penyampaian materi oleh guru :
Dalam penyampaian materi, guru biasanya
menggunakan metode yang berbeda sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
2.
Penggunaan media pembelajaran :
Dalam menyampaikan materi, guru biasanya
menggunakan media pembelajaran seperti :
LCD, OHP, alat peraga misalnya dalam pembelajaran Biologi dan Fisika, papan
tulis.
3.
Aktifitas siswa dalam proses
pembelajaran :
Kebanyakan siswa tidak memperhatikan
proses pembelajaran setiap guru menggunakan media pembelajaran seperti LCD, OHP
dan papan tulis. Sedangkan untuk media pembelajaran alat peraga biasanya siswa
lebih antusias dalam proses pembelajaran.
4.
Kurang efektif dalam menggunakan media
pembelajaran tersebut, karena kurangnya pemahaman atau cara menyampaikan guru
dalam proses pembelajaran, meskipun media yang digunakan menarik, kebanyakan
juga siswa hanya meminta atau mengaandalkan handout dan softcopy dari guru.
5.
Kesimpulan :
Guru harus lebih kreatif dalam
memanfaatkan media pembelajaran yang ada, agar siswa tertarik untuk mengikuti
proses pembelajaran.
Hasil
observasi di SD N Jumeneng, Sleman
1.
Pengalaman yang diperoleh saat observasi :
menyenangkan, disambut dengan baik oleh pihak sekolah, bertambahnya
wawasan mengenai bagaimana cara guru mengajar.
2.
Media yang digunakan pada saat
pembelajaran : papan tulis dan LKS.
3.
Aktifitas siswa :
siswa aktif mengikuti proses pembelajaran dan terasa menyenangkan, disaat guru
meminta untuk mencoba mengerjakan soal di depan kelas, banyak siswa yang bisa
mengerjakan soal yang diberikan.
4.
Efektifitas dalam proses pembelajaran : cara menyampaikan materi oleh guru
menyenangkan, jadi siswa terlihat berkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung
dengan metode yang kami kira cukup efektif.
link youtube :
http://www.youtube.com/watch?v=dC7cf9oo8Sl&feature=youtube